Halaman

Jumat, 22 April 2011

EcoARK - Bangunan Semi Permanen yang terbuat dari Botol Plastik,Taiwan - Korea

EcoARK, Taiwan-Korea (sumber: PhotoBucket.com)

Taiwan, Korea. Mendirikan bangunan yang terbuat dari botol plastik PET (PolyEthylene Terephthalate) yang bernama EcoARK. Bangunan ini disebutkan sebagai bangunan pertama  di dunia yang struktur fasade bangunannya menggunakan botol plastik. Bangunan ini menggunakan kurang lebih 1,5 juta botol plastik yang bertujuan untuk menyadarkan kita pentingnya daur ulang. Pada bangunan ini terdapat "Screen of Falling Water" yang diberfungsi untuk menampung air hujan dan digunakan ulang sebagai penyejuk udara. Sang Arsitek  Arthur Huang merancang bangunan ini menjadi bangunan teringan di dunia, dapat dipindahkan (moveable), breathable environmental miracle. namun dapat cukup kuat untuk menahan dan mengatasi gempa dan angin topan, yang sering terjadi di Korea.

Bangunan ini dibuat untuk merayakan Taipe Int' Expo di bulan November 2010. Bangunan ini berdimensi panjang 130 meter dan tinggi 26 meter dibangun selama 3 tahun dan merupakan milik sebuah grup perusahaan Taiwan bernama Far Eastern Group. yang bergerak dibidang konstruksi dan keuangan. Namun pada bulan Mei 2011 lalu bangunan ini diserahkan kepada pemerintah Taiwan.

EcoARK memiliki dua ruangan utama, yaitu Amphitheater dan Exhibition yang digunakan sebagai ruang pamer pada acara Taipe Int' Flora Expo pada bulan November 2010. Biaya pembuatan bangunan ini menelan hampir US$ 3 Juta, dengan tujuan "Reduce, Reuse, Recycle".

Ketika ditanyakan kepada sang Arsitek The EcoARK (Arthur Huangkonsep pembangunan bangunan ini berasal dari tempat sampah.

"Awalnya kami berfikir mengenai sampah jenis apa yang bisa menciptakan low-carbon pada bangunan, kami hanya melihat sampah disekitar kami, dan kami kami melihat sampah dikantor kami sebagian besar adalah bot PET bekas, karena sebagian besar engineers kami sangat menyukai minuman teh botol".

Yang membuat mengesankan dari EcoARK selain low carbonnya juga keindahan estetikanya. Penggunaan botol plastik PET pada EcoARK didesain ulang menjadi bentuk segi delapan yang menyererupai sarang lebah yang diberi nama Polli-Brick yang didesain ulang oleh Hymi (pabrik pendaur ulang botol plastik PET).


Plastik Poll-Brick (sumber: www.jetsongreen.com)

Beberapa Polli-Brick disatukan seperti panel dipasang dengan sistem knock back, sehingga bisa dibuka (dibongkar-pasang). karen bangunan ini bisa dibongkar pasang, sehingga bangunan ini menjadi bangunan semi permanen yang dapat disusun kembali di daerah tertentu lainnya.

Dengan melihat konsep ini, kita sadar bahwa sampah yang kita buang, menjadi barang berguna dan berharga untuk dijadikan material ulang (recycle) pada bangunan, dengan nilai estetika yang tinggi juga dengan harga yang murah dapat menciptakan suatu karya seni yang indah dan ramah lingkungan. Semoga para Arsitek Indonesia bisa menerapkan pola pikir seperti ini, sehingga dapat menciptakan produk daur ulang lainnya yang dapat dimanfaatkan kembali. Semoga... :)



Eksterior EcoARK (sumber: www.jetsongreen.com)
(sumber : www.jetsongreen.com)
(sumber : www.jetsongreen.com)
Pengujian kekuatan sistem perekatan Polli-Brick (sumber : www.jetsongreen.com)
Polli-Brick Plastic (sumber : www.jetsongreen.com)
Sistem perekatan Plastik Polli-Brick(sumber : www.jetsongreen.com)

0 komentar:

Posting Komentar